Cara menghilangkan Multisource dari Produk di Lazada

Penjelasan Multisource

Apa itu multisource. Jadi, multisource (MS) itu salah satu sistem Lazada yang menggabungkan atau menyusun satu produk dengan produk yang sama (mulai dari spesifikasi, model, warna, dan berat yang sama) dari seller lain. Yang muncul paling atas biasanya produk paling murah, atau produk retail. Tujuan adanya sistem MS itu utk mempermudah customer saat nyari barang dengan ngasih liat harga yang berbeda di page yang sama. Jadi, customer dengan gampang melihat dan mencari produk tanpa ngeklik satu per satu produk yang sama dari seller yang berbeda.

Berikut contoh multisource yang terlihat di web Lazada:

cara menghilangkan multisource di lazada
apa itu multisoucre

 Hubungan Produk
Di sistem multisource, ada istilah yang namanya Parent SKU (yang muncul paling atas) dan Children SKU karena produk-produk tersebut berhubungan (one family) dan memiliki unsur-unsur yang sama,

multisource adalah

Biasanya, konten di dalam produk yang ke-multisource itu mengikuti konten si Parent SKU (yang muncul paling atas atau muncul paling awal di web). Konten di Parent SKU biasa dipillih berdasarkan:


  •  Konten dari produk retail. Ini udah harga mati nih, kalau produk kamu ada yang sama dengan produk retail, udah pasti bakalan ke-multisource dengan produk retail dan konten yang muncul itu dari produk retail.
  •  Konten di dalam deskripsi produk dari seller lain lebih bagus. Misalnya di deskripsinya tentang penjelasan produk bagus, deskripsinya panjang, ada foto di dalam deskripsi, ada video mengenai produk tersebut, penjelasan size atau penggunaannya ada di dalam deskripsi.


Jangan heran kalau misalkan deskripsi produk kamu tiba-tiba muncul di web page produk-produk lain yang ada dimultisource tsb tapi yg jual itu seller lain. Atau bahkan, konten dari seller lain muncul di web page produk kamu. Bukan berarti mereka atau kamu, saling mencuri konten loh.

Tapi shipping fee, lead time, lokasi pengiriman, harga, stock, seller promotion, dan metode pembayaran itu pasti yang membedakan produk kamu dari seller lain.

Keuntungan
Secara keseluruhan, multisource itu meningkatkan website Lazada agar gampang dicari dari luar website ataupun dalam website. Kemudian, customer juga lebih gampang browsing, tanpa ngelihat produk secara duplikat. Customer hanya perlu klik satu produk, lalu memilih perbedaan harga dari seller yang berbeda juga. Terlebih lagi, ketika satu SKU lagi masuk campaign atau sedang diboosting, visibilitas satu hubungan multisource (one family atau children SKUnya) tersebut akan mengikuti dan meningkat juga.

Tips
Ini beberapa tips buat kamu yang pengen ngehindarin multisource dan lepas dari multisource kalau menurut kamu merugikan kamu. Caranya:
1. Pastiin produk kamu harganya bisa lebih murah. Kenapa lebih murah? Supaya produk kamu terlihat lebih menarik dan juga membantu penjualan.
2. Supaya bisa kelepas dari multisource produk lain, barang kamu harus beda dari produk lainnya. Misalkan:
Produk jualan kamu "Susu SGM 300gr" dan termultisource dengan produk yang sama tapi harganya lebih murah dari produkmu. Kamu tinggal bedain aja dgn cara kasih gratisan atau promo, contohnya "Susu SGM 300gr + Gratis 1 Tissue 10sheets" (edit nama produk dan seller promo).

3. Lapor dan minta ke pihak PSC untuk un-multisource barangmu dgn kasih screenshot di email tsb.

0 Response to Cara menghilangkan Multisource dari Produk di Lazada

Posting Komentar