Perbedaan Sales dan Marketing


Pastinya kita sudah tak asing lagi dengan istilah Marketing dan Sales di dunia usaha . Banyak orang yang salah kaprah yang mengira kalau marketing itu menjual janga panjang , sedangkan Sales menjual jangka pendek . terus apa sih perbedaan yang sebenarnya dari Marketing dan Sales .

Penjelasan berikut akan membantu anda untuk memahami dengan jelas dan benar tentang Marketing ( Pemasaran ) dan Sales ( Penjualan )

American Marketing Association mendifinisikan bahwa pemasaran adalah " The process of Planning and executing the conception , pricing , promotion , and distribution of ideas , goods and services to create exchanges that satisfy individual and organizational objectives . "

Sementara penjualan di definisikan " The personal communication of information to persuade a prospective customer to buy something - a good , service , idea , or something else that satisfies that individual's need "

secara umum bisa dikatakan bahwa tujuan utama dari departement pemasaran adalah membangun Produk , merancang Strategi Distribusi , harga , promosi  , dan mengedukasi pasar sehingga pelanggan mengenal dan mempunyai keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan .

Adapun tujuan dari departemen penjualan adalah menjual produk kepada pelanggan baik secara langsung maupun tidak langsung , seperti melalui dealer sehingga pelanggan mudah mendapatkan produk .

William J Staton juga memberikan pendapat perbedaan antara pemasaran dan penjualan sebagai berikut

Pemasaran

  1. Tekanannya pada keinginan dan kebutuhan konsumen
  2. Perancanaan berorientasi ke hasil jangka panjang berdasarkan produk produk baru .
  3. Perusahaan pertama tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian membuat atau mencari jalan keluarnya bagaimana membuat dan menyerahkan produk tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen
  4. Berakhir pada kepuasan konsumen

Penjualan

  1. Tekanan pada produk
  2. Perusahaan pertama tama membuat produk dan kemudian bagaimana menjualnya
  3. Perencanaan berorientasi ke jangka pendek berdasarkan produk dan pasar
  4. Tekanannya pada kebutuhan penjual
  5. Managemen berorientasi pada laba volume penjualan
Dari kedua perbedaan tersebut William J Staton menyimpulkan bahwa penjualan berawal dari produk dan berakhir pada ketentuan atau laba , sedangkan pemasaran berawal dari keinginan konsumen berakhir pada kepuasan konsumen.


0 Response to Perbedaan Sales dan Marketing

Posting Komentar