Cara Melakukan Komplain Orderan di Pusat Resolusi Tokopedia

Pusat Resolusi merupakan sarana bagi penjual dan pembeli Tokopedia untuk menyelesaikan kendala transaksi, seperti pesanan belum sampai, pesanan rusak/kurang/tidak sesuai, hingga kendala mengenai ongkos kirim. Pusat Resolusi dapat membantu masalah terselesaikan dengan lebih cepat, karena penjual dan pembeli dapat berdiskusi langsung untuk menemukan solusi bersama.



Cara Komplain di Pusat Resolusi


  1. Sebagai pembeli, Anda dapat menjelaskan kendala transaksi yang terjadi dan solusi apa yang diinginkan.
  2. Saat mengajukan komplain, Anda wajib melampirkan bukti pendukung, seperti kemasan produk, foto produk dari berbagai sisi, nota pemesanan, dan resi penerimaan.
  3. Penjual nantinya akan menanggapi keluhan, memberikan penjelasan, serta menerima solusi atau menawarkan solusi baru.
  4. Setelah Anda dan penjual menyetujui dan melakukan solusi yang sudah disepakati, komplain akan dianggap selesai. Jika Anda dan penjual tidak kunjung menemukan solusi bersama, Anda dapat meminta bantuan ke Customer Care Tokopedia.

Catatan: Pembeli tidak bisa lagi mengajukan komplain terhadap pesanan yang sama setelah 3 hari sejak status komplain telah selesai atau dibatalkan (finishedatau canceled).

Cara Minta Bantuan ke Customer Care Tokopedia

Saat Penjual atau pembeli tidak merespon komplain atau belum menemukan solusi yang tepat setelah 3 hari komplain dibuat atau Solusi sudah ditentukan (Penjual/Pembeli sudah klik Terima Solusi) tapi penjual/pembeli tidak menjalankan solusi yang sudah ditentukan atau Setelah solusi dijalankan, pembeli/penjual tidak juga klik Selesaikan Komplain kamu bisa meminta bantuan customer car tokopedia untuk menyelesaikan masalah tersebut.


  • Klik Menu Notifikasi , lalu pilih Pusat Resolusi
  • Pilih komplain yang bermasalah
  • Klik Minta Bantuan yang ada di halaman Pusat Resolusi
  • Akan muncul pop up Konfirmasi Minta Bantuan, klik Ya
  • Customer Care Tokopedia akan mempelajari komplain tersebut dan akan memberikan solusi dalam waktu 3 hari, terhitung sejak Anda mengklik Minta Bantuan

Cara Ubah Solusi
Anda masih dapat mengubah solusi yang diajukan selama penjual belum mengklik tombol Terima Solusi.

  • Klik notifikasi, lalu pilih Pusat Resolusi
  • Pilih komplain yang ingin Anda ubah solusinya
  • Klik Ubah solusi yang berada di bagian atas pada halaman Pusat Resolusi
  • Tentukan masalah apa yang Anda alami. Jika masalah yang Anda alami terkait produk, akan ada 3 pilihan yaitu Rusak, Tidak sesuai deskripsi, dan Tidak lengkap. Jika masalah yang Anda alami terkait ongkos kirim/dana sebagian, akan ada 2 opsi, yaitu Kendala dana lainnya dan Kendala ongkos kirim
  • Jika Anda juga mengubah masalah yang dialami, jelaskan alasan Anda mengubah permasalahan pada kolom yang disediakan. Klik Berikutnya
  • Lampirkan bukti lainnya yang mendukung, seperti foto produk, invoice, dan sebagainya. Lalu pilih solusi baru yang Anda inginkan. Klik Ubah

0 Response to Cara Melakukan Komplain Orderan di Pusat Resolusi Tokopedia

Posting Komentar