Cara Berjualan di jd.id LENGKAP

cara jualan di jd.id
Cara berjualan di jd.id - Dijaman modern ini cara mendapatkan uang bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya berjualan online . Sekarang ini berjualan online yang paling menjanjikan yaitu melalui Marketplace . Marketplace yang ada di indonesia sudah sangatlah banyak salah satunya JD.ID

JD.ID merupakan perusahaan ecommerce yang beroperasi di Jakarta, Indonesia. JD.ID dibentuk sebagai kerja sama antara JD.com dan sebuah partner Indonesia. JD.com adalah salah satu toko B2C ( Bisnis to Customer ) daring terbesar di China secara jumlah transaksi. JD.com merupakan “rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar Tiongkok. Di Indonesia, JD.ID bekerja sama dengan Provident Capital.Setiap tahunnya Jd.id mendapati jumlah penjualan barangnya yang kian meningkat karena mereka memperkuat brandingnya dengan slogan JD.ID Dijamin Ori membuat customer ingin membeli kesana daripada ke marketplace yang lain .

Jd.id sendiri membuka peluang bagi UKM di indonesia untuk bergabung di dalamnya . Kamu bisa mendaftar menjadi seller di Jd.id dengan wajib memiliki NPWP . Nah berikut panduannya cara mendaftar menjadi penjual di Jd.id

Cara Mendaftar Menjadi Penjual di JD.ID

1. Pertama buka website JD.id di browser anda kemudian login menggunakan akun kalian sebagai pembeli

2. Setelah itu pilih Daftar Sebagai Seller dibagian pojok kanan atas .
Cara mendaftar menjadi seller di JD.ID

3. Pilih Daftar Sebagai Penjual Lokal untuk jangkupan penjualan online diwilayah indonesia , atau jika ingin melakukan penjualan keseluruh dunia pilih Register as Crossborder Seller . 

Kali ini saya memberikan contoh untuk lokal , karena untuk menjadi crossborder persyaratan sangatlah banyak
seller jd.id

4. Anda akan dibawa kehalaman form register seller jd.id seller.jd.id/register.do , isi form yang disediakan antara lain
- Nama
- No Handphone
- Email
- Nama Toko
- Kategori Toko
- Tipe Toko ( Legal Person atau Company )
- NIK KTP
- KTP Scan
- NPWP
-NPWP Scan
Cara berjualan di JD.ID

5. Jika sudah diisi dengan benar klik DAFTAR untuk melanjutkan proses verifikasi .

Cara Berjualan di JD.id

Pendaftaran Meniadi Seller

Bagaimana cara menjadi Seller di Jd.id?
Pertama-tama Anda diharuskan untuk memiliki akun JD.id terlebih dahulu. Apabila Anda sudah memiliki akun JD.id, maka Anda dapat langsung memulainya dengan klik "Daftar Sebagai Seller" pada bagian kanan atas di website JD.id.

Apa saja yang diperlukan untuk menjadi Seller?
Untuk menjadi Seller hanya memerlukan KTP dan NPWP saja. Jika tidak ada NPWP bagaimana? Jika tidak ada NPWP, untuk saat ini Anda tidak bisa menjadi Seller. Karena NPWP merupakan salah satu syarat utama untuk menjadi seller di JD.id. Kartu NPWP juga tidak bisa digantikan dengan kartu identitas lain. Jika barang yang ingin saya jual lebih dari 1 kategori,

bagaimana pengisian kategori utamanya?
Pengisian kolom kategori utama hanya ditujukan untuk kategori produk-produk yang paling banyak Anda jual. Anda tetap dapat berjualan lebih dari 1 kategori jika sudah terdaftar.

Cara Upload Barang di JD.ID

Bagaimana caranya upload barang?
Sebelum upload produk, toko Anda harus melewati proses audit seller terlebih dahulu oleh Tim Marketplace. Jika sudah lolos proses audit, maka toko Anda sudah terdaftar dan sudah dapat upload barang dengan memilih "Product Creation" pada tampilan awal website seller.

Apa bedanya SPU Name dan SKU Name?
SPU Name adalah nama produk yang akan dipakai untuk pencarian pada search engine. Sedangkan SKU Name adalah nama utama produk yang akan muncul tayang di website JD.id. Apa bedanya Cost Price dan JD Price? Cost price adalah harga asli produk sebelum dijual di JD.id. Sedangkan JD price adalah harga produk yang sudah termasuk dengan komisi ataupun ongkos kirim, yang akan muncul pada saat produk sudah tayang di website di JD.id.

Mengapa saya selalu gagal upload foto produk?
Ukuran foto diwajibkan berukuran 800x800 dengan format JPEG. Jika foto yang di upload tidak mengikuti kedua kriteria tersebut, kegagalan dalam upload foto dapat terjadi. Apabila sudah mengikuti 2 persyaratan tersebut dan masih gaga I upload, dianjurkan untuk Anda menghubungi Seller Support.

Bagaimana caranya upload foto di deskripsi? 
Pada bagian atas kotak deskripsi yang terdiri dari simbol-simbol, klik simbol Multi Image yang berlogo foto. Setelah itu klik Select File untuk pilih foto yang ingin di-upload, kemudian klik Start Upload kemudian k►ik OK.

Bedanya Save dengan Save to Audit apa ya?
Dengan klik Save, maka produk Anda hanya akan tersimpan di akun. Namun apabila klik Save to Audit, maka produk Anda tersimpan pada akun Anda dan produk Anda akan melewati proses audit atau QC (quality control) oleh tim kami.

Berapa lama proses QC berlangsung?
Proses QC idealnya berlangsung selama 3x24 jam setelah produk di Submit to Audit. Produk saya sudah pass, namun mengapa belum ada di website?
Jika Anda ingin produk Anda muncul di website, setelah produk Anda sudah pass oleh tim audit Marketplace, Anda diharuskan untuk memilih "On Shelf" pada sebelah kanan atas list produk Anda di website seller Anda. Produk yang dapat ditayangkan di Website adalah produk yang berstatuskan Pass.
Produk saya kenapa di reject terus ya? 

Alasan reject QC dapat berbeda-beda. Anda dapat mengeceknya dengan mengarahkan kursor pada tulisan "Show Reason" yang terletak di bawah tulisan "Modify" pada masing-masing produk. Mengapa saya hanya dapat meng-upload 20 produk? Saat ini status toko Anda masih General Seller, yang dimana Anda hanya dapat mengupload maksimal 20 produk. Jika Anda ingin mengupload lebih dari 20 produk, maka Anda dianjurkan untuk menjadi Qualified Seller.

Bagaimana caranya menjadi Qualified Seller? 
Pertama-tama Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa sudah ada minimal 3 produk Anda yang tampil di website JD.id dan sudah terjual. Jika sudah, Anda dapat memprosesnya pada akun seller Anda dengan klik tanda centang pada bagian ujung kanan atas. Setelah itu, Anda diharuskan memasukkan data-data yang dibutuhkan JD.ID.

Apakah saya dapat mengakses website seller.jd.id dari handphone? 
Ya, Anda dapat mengakses website Seller JD.ID dari handphone.

Proses Pengiriman 

Apa yang harus dilakukan saat ada order masuk? 
Pertama-tama, cek informasi pesanan. Setelah informasi sudah jelas, print invoice dan kemudian print shipping label. Setelah barang sudah dikirim oleh kurir, klik Ship Operation kemudian pilih pengiriman yang sudah digunakan dan masukan nomor AWB/nomor pengiriman (nomor resi).

Apakah saya perlu melakukan konfirmasi untuk barang yang sudah habis?
Anda diharuskan untuk memberitahukan ke cs@jd.id agar dapat ditanyakan ke customer, apakah ingin ganti produk yang serupa, atau customer menginginkan pengembalian dana. Setelah customer klik batal, seller diharuskan untuk approve pembatalannya. Selain itu, untuk setiap pembatalan order karena barang habis akan dikenakan pinalti sebesar 50 ribu per produk.

Saya ingin memakai JX untuk kurirnya, caranya bagaimana?
Anda dapat mengirim email ke seller support untuk meminta Freight Setting JX yang dilengkapi dengan alamat pengambilan barang untuk didaftarkan ke JX. Setelah itu Anda akan mendapatkan konfirmasi dari JX bahwa Anda sudah terdaftar di JX. Jika menggunakan JX, apakah ongkos kirim akan menjadi gratis? Ya, namun tergantung pula pada negosiasi dan ketentuan yang sudah disetujui antara seller dengan tim Marketplace. Apakah Kurir1X sudah mencakup seluruh wilayah Indonesia? Untuk saat ini, JX sudah mencakup ke hampir seluruh wilayah Indonesia, kecuali wilayah Maluku dan Papua.
Fee

Bagaimana mekanisme perhitungan komisi di JD.id?
Sebagai Qualified Seller penghitungan komisi pada tiap kategori memiliki jumlah nominal yang berbeda-beda. Namun apabila status toko Anda masih General Seller, komisi untuk setiap produk adalah 5%.

Berapa lama proses pembayaran masuk ke rekening saya?
Untuk pembayaran prosesnya paling lama 7 hari kerja setelah Anda sudah memilih "Confirm" pada Settlement yang masuk ke akun seller Anda. Oleh karena itu, Anda diharapkan untuk tidak lupa memilih "Confirm" saat ada unconfirm settlement.
Jika pembayaran saya belum dibayarkan selama lebih dari 14 hari, apa yang harus saya lakukan?
Jika pembayaran belum masuk ke rekening Anda selama lebih dari 14 hari, maka Anda harus menghubungi Seller Support. Namun pastikan Anda sudah mengkonfirmasi settlementnya terlebih dahulu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Berjualan di jd.id LENGKAP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel