Cara meningkatkan Rating Performa Toko di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang sangat terkenal di indonesia . Berjualan di tokopedia di jaman sekarang memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan karena semua orang melakukan apa aja termasuk belanja yang serba digital di era modern ini . Kini Tokopedia dalam satu bulan bisa dikunjungi oleh pembeli hingga 50 juta pengunjung .Oleh karena itu peluang untuk menjadi sukses sebagai penjual di tokopedia jangan sampai dilewatkan .

Ada banyak cara untuk membuat toko mu di tokopedia mendapatkan kunjungan atau bahkan laris dalam berjualan , salah satunya iyalah dengan cara meningkatkan Performa Toko . Skor Performa Toko merupakan skor atau poin penilaian terhadap pelayanan tokomu yang ditentukan berdasarkan beberapa indikator tertentu dengan rentang nilai mulai 1sampai100. Bagi seller yang baru bergabung di Tokopedia, skor awal kamu dimulai dari 80.

Apa saja indikator indikator yang bisa meningkatkan Rating atau Skor Performa Toko Tokopedia ? Berikut rangkumannya :

1. Responsif ke Pembeli

performa toko tokopedia

Semakin cepat kamu membalas pesan chat maupun diskusi dari pembeli , tentunya akan meningkatkan peforma toko kamu . Dan sebaliknya , jika kamu membalas lebih dari 7 jam pesan pembeli performa toko kamu akan menurun . Jadi jika kamu ingin meningkatkan performa tokomu pastikan notifikasi chat dan diskusi diaplikasi smartphone mu aktif ya agar tidak terlewatkan dan terhindar dari penurunan performa toko.

2. Cepat Proses Pesanan 

performa toko tokopedia

Tokopedia juga mengukur dari seberapa kamu cepat memproses pesanan pembeli tokomu . Kecepatan tersebut mulai dinilai dari pembeli mengkonfirmasi pesanan nya hingga penjual menginput resi pengiriman ke kurir logistik atau melakukan request pickup untuk instan kurir . Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Order Prioritas dengan cara pesanan diproses dalam waktu 1 jam dengan instan kurir  sehingga lebih cepat meningkatkan Performa Toko .

3. Menggunakan Fitur Fulfillment 

performa toko tokopedia

Pemilihan berbelanja oleh pembeli memiliki banyak faktor penentu salah satunya adalah pemilihan Lokasi Toko . Pembeli bukan hanya menentukan dari harga barang saja , tapi juga jarak pengiriman karena mempengaruhi faktor Ongkos Kirim . Nah kini Tokopedia meluncurkan layanan baru yaitu Toko Cabang .Fulfillment atau TokoCabang adalah layanan pemenuhan pesanan melalui fasilitas gudang yang tersebar di berbagai daerah sehingga kamu dapat memperluas jangkauan bisnismu dengan lebih mudah .

4. Hindari Poin Pinalti

Tokopedia memiliki sistem poin pinalti untuk performa toko , dari mulai kecepatan membalas chat pembeli , pemprosesan orderan / pesanan , dan pembatalan pesanan . Jadi hindarilah hal hal yang bisa membuat poin toko kamu menurun ya .

Sistem pengurangan nilai Reputasi Toko (penalti) akan diberlakukan apabila penjual melakukan hal berikut:

-2 Poin Jika tidak merespon pesanan baru yang masuk selama 1 hari.
-3 Poin Jika Tim Resolusi memutuskan penjual bersalah atas kendala di Pusat Resolusi.
-5 Poin sampai dengan -8 Poin jika nomor resi tidak valid atau menjual produk dengan penamaan dan detail yang tidak jelas.
-10 Poin User-added image Jika pesanan peluang Anda dibatalkan di Pusat Resolusi.
-15 Poin Jika transaksi melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.

Terus apa keuntungannya jika Performa Toko tinggi ?

Jika Poin / Skor Performa Toko kamu bisa lebih dari 75 Poin , kamu bisa mengaktifkan Power Merchant untuk Tokomu secara Gratis . 
performa toko tokopedia

Cara Perhitungan Skor Performa Toko

Mulai tanggal 24 Juni 2019 cara perhitungan skor Performa Toko diperbarui. Skor Performa Toko dihitung dari data kegiatan tokomu selama 30 hari terakhir. Namun, pembaruan skor Performa Toko dilakukan setiap hari Senin pukul 09.00 WIB setiap minggunya. Misalnya, skor Performa Tokomu pada hari Senin, 8 Juli 2019 adalah 80, maka skor Performa Tokomu baru akan diperbarui pada hari Senin, 15 Juli 2019 pukul 09:00 WIB.

Belum ada Komentar untuk "Cara meningkatkan Rating Performa Toko di Tokopedia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel